Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Kelemahan dari Microwave

Microwave menjadi salah satu alat rumah tangga yang snagat dibutuhkan oleh siapa saja. Alasannya yakni karena alat masak ini sangat berguna untuk berbagai macam kebutuhan dapur. Namun, selain memiliki kelebihan, benda ini juga tetap memiliki beberapa kelemahan.

Kelemahan-Kelemahan dari Microwave

Selain memiliki kelebihan, microwave juga pasti memiliki beberapa macam kelemahan. Kelemahan-kelemahan ini memang cukup banyak dampak dan akibat yang bisa ditimbulkan. Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai hal ini.

1.  Kapasitas Memasak Terbatas

Menggunakan microwave memang menjadi salah satu alternatif bagus untuk dapat memasak lebih cepat. Namun, sayangnya kapasitas ruangnya cukup kecil, sehingga sangat terbatas untuk bisa memakainya lebih banyak lagi. Untuk itu, penggunaannya harus bisa dimaksimalkan.

Microwave

Dengan begitu, semua orang akan tetap bisa memasak dengan mudah menggunakan bahan masakan satu ini. Selain itu, besaran masakannya juga relatif cukup kecil. Bahkan sangat berbeda jauh dengan memasak menggunakan rice cooker atau alat lainnya.

2.  Rasanya Mudah Berubah Jika Terlalu Lama Memasaknya

Selain itu, ketika Anda memasak menggunakan alat satu ini, Rasa yang dihasilkan akan lebih mudah berubah-ubah karena dipengaruhi oleh suhu dalam microwave ini. Tentu saja, ini akan membuatnya menjadi gampang tidak enak saat terlalu lama dalam memasak atau memanaskannya.

Sangat penting untuk menghabiskan masakan dalam satu kali dua belas jam. Ini untuk menghindari memasak dengan memanaskannya hingga beberapa kali. Hal itu juga akan dapat menghilangkan nilai gizi dari masakan satu ini, maka dari itu sangat penting untuk segera menghabiskan makanan.

3.  Hanya Mampu Memanaskan Masakan dalam Wadah Kecil

Saat menggunakan microwave sebagai alat untuk memanaskan masakan, maka Anda hanya bisa memakainya untuk kepentingan itu dalam jumlah kecil saja. Karena pasti setiap orang akan menggunakannya dan memerlukan hal tersebut untuk dapat menyelesaikanya.

Selain itu, dengan memakai wadah kecil seseorang akan bisa segera menggunakanya secara bersamaan. Dengan begitu, proses memanaskan makanan ini akan bisa lebih cepat selesai. Para pengguna juga akan jauh lebih cepat untuk segera makan.

4.  Jika Memanaskan Daging, Maka Kematangannya Tidak Akan Rata

Ketika Anda menggunakan microwave untuk memanaskan daging, maka pikirkanlah dengan matang dan tepat dulu. Karena hasilnya juga tidak akan maksimal, daging bagian dalam tidak akan sampai benar-benar matang. Memasak jenis daging-dagingan memang memerlukan waktu lama.

Daging tidak dapat dimasak dalam waktu singkat. Jika memaksakannya, maka sudah pasti masakan Anda ini tidak akan matang dengan sempurna. Bagian dalamnya pasti masih dalam keadaa mentah. Untuk itu, sebaiknya hindari memasak masakan dengan bahan daging-dagingan seperti ini.

5.  Tidak Bisa Memakai Bahan Plastik

Saat memakai microwave untuk memasak, maka sebaiknya tidak menggunakan bahan plastik untuk memasak. Karena hal itu akan membuat makanan menjadi tercemar oleh limbah plastik. Plastik bila dimasukkan dalam suhu ruangan yang panas seperti dalam microwave, maka akan berbahaya.

Bahanya adalah sumber makanan menjadi tercemar. Sekaligus, juga menyebabkan plastik-plastik meleleh dan berubah menjadi kaku. Salah satu contohnya adalah ketika memasukkan mika plastik ke dalam microwave. Maka sudah pasti teksturnya akan menjadi kuku dan bentuknya juga berubah.

Demikian pembahasan mengenai kelemahan-kelemahan dari microwave ini. Terdapat cukup banyak kelemahan yang ada saat menggunakan produk penghangat dan pemanas tersebut, Bahkan ada juga beberapa resiko berbahaya jika memasukkan plastik ke dalam microwave untuk menyimpan makanan.

Post a Comment for "Beberapa Kelemahan dari Microwave"